Surga Tersembunyi Gunung Semeru

(Mounture.com) — Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, merupakan salah satu gunung favorit pada pendaki. Bahkan, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pernah menjadi lokasi syuting film layar lebar yang cukup fenomenal, yaitu 5cm.

Gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memang menyimpan banyak pesona alam yang luar biasa bagi para pengunjung atau pendaki. Pesona alam tersebut diantaranya adalah terdapat danau-danau antara lain Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Tompe, Ranu Darungan, Ranu Kuning dan Ranu Kumbolo.

Adapun nama terakhir, yaitu Ranu Kumbolo merupakan salah satu yang tersohor dan menjadi ikon dari gunung yang memiliki sebutan Mahameru itu. Untuk bisa mencapai ke danau Ranu Kumbolo, pendaki bisa menempuh waktu perjalanan kurang lebih 4-5 jam.

Berjarak sekitar 9,7 kilometer dari titik awal pendakian yakni Desa Ranu Pani, danau yang disebut sebagai ‘surga tersembunyi’ itu memiliki luas area mencapai 15 hektare.

Air di danau ini dipercaya oleh umat agama Hindu sebagai air suci, bahkan di waktu tertentu para umat Hindu dari beberapa daerah di Indonesia maupun dari desa Tengger datang hanya untuk mengambil air di Ranu Kumbolo ini sebagai air suci.

Saat ini, pengunjung dilarang untuk melakukan aktivitas seperti berenang, berendam, cuci muka, gosok gigi atau mencuci alat masak di dekat kawasan danau dikarenakan selain air di danau ini dianggap suci, air danau ini juga merupakan sumber mata air terbesar di Gunung Semeru bagi para pendaki.

Danau Ranu Kumbolo ini merupakan tempat berkemah para pendaki, sebelum melanjutkan perjalanan ke camp terakhir yakni Kalimati. Menariknya, di danau ini terdapat fasilitas toilet umum serta ada beberapa pedagang makanan yang menjajakan makanan hingga buah-buahan segar ketika pagi hingga sore hari. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.