0

Sekilas Tentang Desa Tertinggi di Pulau Jawa

(Mounture.com) — Desa Sembungan, merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa yang berada di atas ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut (mdpl). Desa ini terletak di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata alamnya.

Menurut informasi dari warga setempat, dulunya di desa ini banyak tumbuh pohon sembung (Blumea balsamifera) yang kemudian menjadi asal nama Desa Sembungan.

Mayoritas warga Desa Sembungan bermata pencaharian sebagai petani. Umumnya mereka adalah petani kentang maka dari itu sepanjang jalanan yang berliku menuju desa ini akan dijumpai banyak kebun kentang, tak heran jika Dieng merupakan salah satu penghasil kentang terbesar di Indonesia.

Jika mau menuju sunrise point di Puncak Sikunir, desa inilah yang menjadi titik start pendakian, dari sini kita bisa melihat sunrise yang memang terbaik di Pulau Jawa, dengan pemandang Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

Suhu di desa ini terbilang cukup dingin ketika musim kemarau antara bulan Juni-Agustus, namun keramahan warga desa berhasil menghangatkan suasana perjalanan kemarin. (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@abelmarufi