Rekomendasi Wisata di Cilacap Jawa Tengah

Foto: Disporapar Provinsi Jawa Tengah

Mounture.com — Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi kota tujuan wisata yang memiliki beragam lokasi menarik, terutama wisata pantai.

Kawasan di Selatan Jawa ini memiliki beragam destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Dikutip dari laman Disporapar Provinsi Jawa Tengah, berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam di Cilacap, Jawa Tengah.

1. Pantai Jetis

Pantai yang berada di ujung timur Cilacap tepatnya di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu ini memiliki jarak tempuh dari pusat kota Cilacap sekitar 47 kilometer atau 1 jam 15 menit perjalanan.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Ayah di Kebumen. Kekhasan yang dimiliki Pantai Jetis Cilacap ialah bangunan pemecah ombah dan panorama bukit hijau.

Bagi pecinta kuliner seafood, di sinilah surganya. Atau pengunjung bisa berburu langsung hasil tangkapan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Congot.

Jika ingin membeli buah semangka, lokasinya di pintu masuk Pantai Jetis. Di sekitarnya berjejer kebun semangka, buah lainnya, dan beberapa sayur. Jika sedang musimnya, pengunjung bisa memetiknya langsung di kebun. Seru kan? Yuk, berkunjung ke Pantai Jetis.

2. Hutan Payau

Wisata Hutan Payau lokasinya sekitar 4 kilometer dari pusat kota Cilacap, tepatnya di Desa Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara.

Akses menuju lokasi pun sangat gampang. Jalanan mulus, berbeton, dan tidak jauh dari jalan besar. Pengunjung tinggal mengikuti penunjuk arah yang tertulis jelas.

Hutan Payau ini berada di ujung pemukiman warga, bersebelahan dengan sawah, dan berbatasan dengan Segara Anakan. Luas hutan yang sekitar 10 hektare ini ditumbuhi 15.000 jenis pohon.

Pohon yang tumbuh di Wisata Hutan Payau antara lain, bakau bandul, tancang, bakau kacangan, jeruju, waru, dan ketapang. Tidak hanya flora saja yang hidup di Wisata Hutan Payau, di sini juga menjadi habitat beberapa fauna.

Seperti ikan gelodok, ikan uca, ikan tanggal, udang pistol, dan berbagai jenis burung. Selain itu juga nampak sedang dibangun kolam pemancingan dan budidaya kepiting.

BACA JUGA:

Telaga Menjer, Salah Satu Panorama Alam Memukau di Wonosobo

Syarat Berkunjung ke Kawah Ijen

3. Gunung Selok

Lokasinya berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala. Akses menuju Gunung Selok ini juga terbilang sangat mudah. Di atas Gunung Selok, sudah dibangun tempat untuk berswafoto.

Dari tempat itu kita bisa menikmati indahnya hamparan sawah, deretan pohon cemara dan Pantai Sodong yang berada tepat di sebelah selatan Gunung Selok.

Di spot swafoto ini ada beberapa wahana untuk berswafoto antara lain selfie deck, balon udara, dan rumah pohon. Gunung Selok ini juga terkenal dengan wisata religinya.

Di puncak gunung ada kuil yang bernama Padepokan Sang Hyang Jati. Kuil ini digunakan untuk tempat beribadah penganut agama Buddha. Selain kuil tersebut, di Gunung Selok juga ada beberapa petilasan yang digunakan untuk bersemedi. Petilasan tersebut antara lain, petilasan Jambe Lima dan Jambe Pitu.

4. Pantai Teluk Penyu

Lokasinya terletak di Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan. Pantai dengan deburan ombak yang relatif kecil aman bagi pengunjung untuk berenang.

Pantai ini memiliki pasir yang bersih dan air laut yang jernih serta pemandangan pulau Nusakambangan yang terlihat begitu indah, ditambah rindangnya pohon-pohon ditepi pantai menambah kesejukan, serta perahu-perahu nelayan dan kapal-kapal besar yang hilir mudik ke pelabuhan serta panorama pantai pada saat terbit matahari.

Tersedia juga perahu wisata yang bisa mengantar wisatawan ke pulau Nusakambangan yang berpasir putih dan aneka souvenir yang terbuat dari kerang, pasar ikan dan berbagai masakan hasil laut.

5. Kemit Forest

Lokasinya berada di Jl. Srikaya, Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja atau sekitar 50 kilometer dari pusat kota Cilacap. Jauh dari pusat kota membuat Kemit Forest cocok untuk pergi dari kebisingan dan kebosanan dari rutinitas.

Dengan rindangnya pohon pinus membuat suasana menjadi sejuk. Ditambah lokasi yang berada di ketinggian membuat kita bisa melihat pemandangan Kecamatan Sidareja dari atas ketinggian.

Selain pemandangan yang bagus, di Kemit Forest juga ada banyak wahana yang cocok untuk anak-anak hingga dewasa, seperti ayun gantung, cafe geong, sepeda udara, de` lounge, sarang burung, paralayang, sky bridge, rumah kurcaci, dan masih banyak lagi.

(mc/pc)