Pesona Curug Putri di Gunung Ciremai

dok. tngciremai.com

Mounture.com — Tak melulu pendakian ke gunung, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawarkan pesona alam luar biasa. Salah satunya Curug Putri yang terletak di bumi perkemahan (buper) Palutungan.

Berada di bagian selatan kaki gunung Ciremai, wisata alam Curug Putri ini bisa digapai melalui dusun Palutungan, desa Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Wisata alam ini dikelola Koperasi Citra Alam Mandiri yang beranggotakan masyarakat setempat melalui Izin Usaha Pemanfaatan Jasa Wisata Alam (IUPJWA).

Melansir laman TNGC, dijelaskan bahwa penamaan Curug Putri ini menurut beberapa masyarakat setempat disebut dulunya curug ini menjadi tempat mandi para bidadari.

dok. tngciremai.com

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati udara sejuk hutan Pinus sambil menikmati camilan ataupun menu istimewa yang di pesan dari kantin maupun makanan buatan sendiri. Bila memungkinkan, pengunjung juga bisa melakukan kemah satu atau dua malam di sini.

Namun, bila hujan turun deras, pengunjung mesti segera menjauhi area curug dan aliran sungainya. Sebab, volume air yang banyak dan tiba-tiba berpotensi menimbulkan air bah yang mengancam keselamatan pengunjung.

Untuk urusan fasilitas penunjang destinasi ini sudah sangat lengkap. Ada mushola, toilet, tempat parkir, ‘shelter’, dan kantin. (MC/RIL)

Source: Taman Nasional Gunung Ciremai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.