Pakaian Warna Kuning dan Bawa Boneka Dilarang di Gunung Bismo

(Mounture.com) — Gunung Bismo merupakan salah satu dari jajaran gunung yang ada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 2.365 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu belum lama ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada 20 Juli 2019.

Adapun untuk mencapai gunung ini, pendaki bisa melalui jalur pendakian via Silandak yang merupakan jalur pendakian favorit untuk mencapai ke puncak Bismo. Gunung ini menawarkan pesona alam yang tidak kalah dengan jajaran gunung yang ada di sekitarnya, seperti Gunung Prau, Gunung Pakuwaja, Gunung Sikunir, Gunung Sikunang, Gunung Seroja maupun Gunung Sidede.

Kendati memiliki pesona yang luar biasa, namun jika ingin mendaki gunung ini para calon pendaki juga harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola yaitu Perum Perhutani maupun basecamp dan juga masyarakat setempat.

Para calon pendaki harus mentaati larangan atau pantangan yang telah menjadi kebiasaan dan kepercayaan penduduk setempat. Salah satunya adalah tidak boleh menggunakan pakaian berwarna kuning dan tidak boleh membawa boneka ketika akan mendaki ke Gunung Bismo.

Adapun larangan tersebut sudah menjadi kepercayaan dan juga kebiasaan masyarakat setempat, jadi bagi kalian yang berkunjung ke Gunung Bismo harus menaatinya dan tidak boleh melanggar.

“Wajib diperhatikan dan dilaksanakan, dilarang menggunakan pakaian warna kuning dan membawa boneka jika ke Gunung Bismo. Kenapa? peraturan Gunung Bismo dibuat berdasarkan, peraturan umum pendakian Perum Perhutani dan dikombinasikan dengan kearifan budaya lokal berdasarkan kebiasaan dan kepercayaan secara turun temurun,” tulis akun Instagram @gunungbismo. (MC/PC)

Foto: dok. instagram/@samudra_art

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.