Mengenal Gunung Putri Tidur di Jawa Timur

Gunung Putri Tidur di Malang, Jawa Timur (dok. http://candradityaa.blogspot.com/)

Mounture.com — Tak hanya sekedar dongeng, ‘putri tidur’ juga menjadi penamaan dari jajaran gunung yang ada di Malang, Jawa Timur. Karena nampak seperti gadis sedang tidur dari kejauhan, maka masyarakat kota Malang menyebutnya pegunungan putri tidur.

Jajaran gunung putri tidur itu diantaranya Gunung Buthak, Gunung Kawi, dan Gunung Panderman. Adapun Gunung Buthak yang memiliki ketinggian 2.686 meter di atas permukaan laut (mdpl) terlihat seperti kepala, dan rambut.

Sedangkan Gunung Kawi yang memiliki ketinggian 2.551 mdpl layaknya bagian dada, dan perut. Sementara Gunung Panderman dengan ketinggian 2.045 mdpl seperti bagian kaki.

Untuk melihat dengan sempurna penampakan Gunung Putri Tidur ini tempat idealnya berada di daerah Pakis, Kabupaten Malang yang berjarak sekitar 8 kilometer arah timur laut dari alun-alun Kota Malang.

Adapun Gunung Buthak berada di perbatasan Kabupaten Malang, dan Kabupaten Blitar. Sedangkan Gunung Kawi yang terkenal dengan lokasi bersemayamnya Kiai Zakaria II atau Eyang Djoego dan Kiai Iman Soedjono berada di Kabupaten Malang. Sementara Gunung Panderman berlokasi di Kota Batu. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.