Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Celana Pendek saat Pendakian

dok. Denny Firmansyah

Mounture.com — Bagi sebagian pendaki gunung, menggunakan celana pendek saat melakukan pendakian dianggap lebih nyaman dan simpel jika dibandingkan dengan penggunaan celana panjang. Meski lebih ringkas serta gampang, namun penggunaan celana pendek saat pendakian juga bukan tanpa risiko.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan celana pendek saat pendakian.

Kelebihan

1. Ringan

Penggunaan celana pendek di lapangan memang terasa lebih ringan dibandingkan dengan celana panjang. Jadi, pendaki akan dengan mudah melangkah baik dalam kondisi trek kering atau basah. Selain itu, kondisi basah celana pendek pun cenderung jauh lebih ringan saat digunakan berjalan dibandingkan celana panjang.

2. Ringkas

Biasanya celana pendek gunung terasa lebih ringkas dan gampang ketika digunakan, jika dibandingkan dengan celana panjang yang harus digulung saat kondisi tertentu. Hal ini yang kerap menjadi pertimbangan pendaki untuk menggunakan celana pendek.

3. Stylish

Seringkali pendaki menganggap penampilannya lebih stylish dengan menggunakan celana pendek saat mendaki gunung, di mana bagian bawah kaki pendaki akan lebih terekspos. Hal ini termasuk juga dengan bagian footwear seperti sepatu gunung yang sedang dikenakan akan terekspos dengan sempurna.

4. Natural

Celana pendek disebut lebih natural saat digunakan mendaki gunung. Sebab, pendaki beranggapan dengan penggunaan celana pendek maka dirinya merasakan lebih menyatu dengan alam, meskipun terdengar idealis.

Baca juga: Jangan Pakai Celana Jeans Saat Mendaki Gunung, Ini Penjelasannya

Kekurangan

1. Tidak melindung secara maksimal kaki

Penggunaan celana pendek saat pendakian sudah pasti memiliki risiko-risiko seperti lecet, terkena duri hingga diserang lintah/pacet pada kaki. Untuk itu, penggunaan celana pendek saat mendaki gunung pastinya tidak dapat memberikan perlindungan maksimal pada keseluruhan bagian kaki, baik betis, engkel, dan lutut.

2. Lebih dingin dan terbuka

Menggunakan celana pendek pastinya akan merasakan hawa yang lebih dingin saat pendakian. Tidak adanya lapisan pelindung kulit bagian kaki bawah kaki akan membuat dinginnya hawa pegunungan langsung menerpa kulit secara langsung.

Selain itu, celana pendek cenderung lebih terbuka dibandingkan celana panjang yang menutup semua bagian kaki. Hal itu bisa menimbulkan beberapa risiko, seperti kaki lebih mudah kotor, hingga cedera-cedera yang tidak diinginkan. (MC/PC)