Jangan Asal Naik Gunung Saja, Perhatikan Hal Ini

Ilustrasi (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Melakukan aktivitas pendakian ke gunung merupakan kegiatan yang memiliki risiko yang tinggi. Mendaki gunung tidak bisa dilakukan asal-asalan, semuanya harus dipersiapkan dan juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman saat melakoninya.

Persiapan demi persiapan harus benar-benar matang sebelum mengambil keputusan untuk mendaki gunung. Hal itu dilakukan agar kegiatan pendakian bisa berjalan lancar, dan pulang dengan selamat. Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari sebelum mendaki gunung.

1. Membawa logistik tanpa perhitungan

Logistik pendakian diperlukan untuk kebutuhan kalori pendaki itu sendiri. Jadi sebelum melakukan pendakian, kalian harus benar-benar memperhitungkan kebutuhan yang diperlukan untuk bekal di perjalanan.

Jangan sampai kalian kehabisan logistik, karena kalian tidak memperhitungkan dengan baik estimasi waktu pendakian yang kalian lakukan.

2. Tanpa merancang rencana perjalanan

Melakukan pendakian, maka kalian harus tahu mengenai estimasi waktu yang akan ditempuh. Oleh karena itu, diperlukan rencana perjalanan agar kalian bisa mempersiapkan dengan baik perjalanan kalian. Mulai dari waktu istirahat, lokasi camp, lokasi sumber air, hingga waktu menuju ke puncak gunung.

3. Tidak siap peralatan

Mendaki gunung memerlukan peralatan pendukung agar kegiatan di luar ruang itu berjalan dengan baik, serta aman. Peralatan-peralatan yang dibawa pun harus dipersiapkan, atau setidaknya dimiliki oleh anggota tim jika peralatan tersebut memang untuk kelompok bukan individu.

4. Tanpa persiapan fisik

Fisik yang sehat diperlukan saat akan mendaki gunung. Sebab, mendaki gunung memerlukan stamina yang kuat, dan juga bakal menguras banyak tenaga. Oleh karena itu, sebelum melakukan pendakian diharuskan melakukan persiapan fisik seperti lari, ataupun olahraga lainnya.

5. Jangan buang sampah dan merusak alam

Sebelum melakukan pendakian, kalian perlu mengetahui pentingnya kelestarian alam agar tidak membuang sampah di gunung, hingga merusak alam. Selalu ingat untuk membawa kembali turun sampah kalian, dan hindari merusak alam. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.