0

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Gunung Guntur

Suasana malam di Gunung Guntur (Mounture.com/Rangga)

Mounture.com — Saat melakukan kegiatan mendaki gunung, para pendaki harus mematuhi segala aturan yang berlaku baik itu dari pihak pengelola jalur pendakian ataupun norma-norma adat yang ada di sekitar wilayah gunung yang akan didaki.

Pendaki juga harus menjaga sikap sopan santun selama melakukan pendakian. Hal ini diperlukan agar kegiatan pendakian bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan serta tetap menjaga kelestarian alam.

Beberapa jenis pelarangan yang dilakukan oleh pihak pengelola ataupun warga di sekitar lokasi gunung merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan pendakian dan juga demi menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Adapun salah satu gunung yang menerapkan beberapa larangan saat mendaki ialah Gunung Guntur. Gunung yang berlokasi di Garut, Jawa Barat itu memiliki beberapa mitos yang menjadikannya larangan untuk pendaki melakukan hal-hal tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan saat pendakian di Gunung Guntur.

1. Pendaki dilarang untuk bersiul saat pendakian

2. Pendaki tidak boleh atau dilarang untuk meniup suling

3. Pendaki dilarang untuk menanyakan jalan.

Kendati terlihat aneh, namun hal itu menjadi kepercayaan masyarakat setempat. Dan hal itupun harus dihormati oleh kita sebagai pendaki yang berkunjung ke wilayah tersebut. (MC/PC)