0

Gunung Perlu ‘Liburan’ Juga

  • 6 Februari 2022 07:00

Ilustrasi (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Awal tahun, biasanya pihak pengelola jalur pendakian gunung akan melakukan penutupan kegiatan pendakian yang lamanya bervariasi. Hal ini rutin dilakukan setiap tahun dikarenakan potensi cuaca di awal tahun cenderung ekstrim yang bisa berakibat membahayakan pendaki.

Selain itu, penutupan itu juga dilakukan untuk perbaikan kondisi alam itu sendiri, di mana pihak pengelola menyebutnya pemulihan ekosistem. Dengan adanya pemulihan ekosistem itu gunung-gunung menjadi ‘liburan’ tanpa adanya aktivitas manusia yang ramai-ramai menikmati keindahan alam gunung.

Kendati ada juga yang merusak gunung itu sendiri dengan sampah-sampah yang berserakan tanpa dibawa kembali turun. Dengan adanya penutupan jalur pendakian itu, gunung-gunung menjadi tenang. Dan beberapa pihak pengelola pun bisa melakukan bersih-bersih gunung dari sampah para pendaki tak bertanggung jawab.

Penutupan jalur pendakian pun bakal dirasakan oleh penghuni gunung itu sendiri, seperti flora dan fauna. Oleh karenanya, ketika sedang ada penutupan kegiatan pendakian itu, sebaiknya jangan nekat untuk melakukan pendakian.

Selain menjaga kelestarian alam, tidak melakukan pendakian di awal tahun juga mencegah potensi risiko akibat cuaca ekstrim yang bisa membahayakan diri. Tahan rindumu sejenak ya. (MC/PC)