0

Gunung Andong Selalu Ramai Pengunjung di Hari Libur

  • 11 Agustus 2019 07:01

(Mounture.com) — Belakangan ini, melakukan liburan ke gunung ketika hari libur, khususnya akhir pekan sudah menjadi hal yang digandrungi. Bagaimana tidak, hampir di setiap akhir pekan ataupun hari libur, gunung-gunung selalu disesaki oleh pengunjung. Salah satunya adalah gunung Andong.

Gunung yang terletak di Magelang, Jawa Tengah dengan ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini menjadi tujuan pendaki ketika hari libur. Trek yang cukup terjangkau dan singkatnya waktu tempuh menjadi alasan gunung ini digemari banyak orang. Untuk bisa menggapai puncak gunung Andong, pengunjung cukup menempuh waktu satu hingga dua jam perjalanan.

Pada hari libur atau akhir pekan, wilayah datar yang berada di puncak gunung Andong semuanya ditempati oleh tenda-tenda pendaki. Saking ramainya, pendaki yang ingin berjalan di puncak gunung Andong pun harus rela mencari celah jalan diantara tenda-tenda tersebut.

Bahkan, ketika berjalan berlawanan arah dan papasan dengan pendaki lainnya, bisa membuat kemacetan di sepanjang jalurnya.

Kendati demikian, tidak ada larangan yang membatasi jumlah pendaki, namun perlu diingat bagi para pengunjung atau pendaki bahwa keselamatan dan kebersihan gunung tetap harus diutamakan. Pasalnya, ketika dalam situasi ramai tersebut biasanya cukup rentan terhadap sampah.

Jadi bagi kalian yang mengunjungi gunung Andong wajib membawa kembali sampahnya untuk turun, jangan membuang sembarang ya. Yuk mulai dari diri sendiri untuk peduli terhadap lingkungan yang bersih dan terhindar dari membuang sampah sembarangan karena gunung bukan tempat sampah. (MC/PC)

Foto: Instagram/@ardyanmeng