0

Cikasur dan Si Merak di Gunung Argopuro

  • 2 Agustus 2018 08:06

(Mounture.com) — Cikasur adalah sabana maha luas yang merupakan bagian dari gunung Argopuro, saking besarnya jaman dulu waktu jaman penjajahan Belanda, tentara Belanda mencoba membangun sebuah pangkalan udara disana.

Bisa jadi kalau sekarang masih ada, mungkin bakal jadi landasan tertinggi di Indonesia. Savana dan panorama Cikasur sangatlah memanjakan mata dan Cikasur ini merupakan habitat hewan-hewan liar, salah satunya adalah merak hijau.

Tidak seperti di kebun binatang, mereka sangat gesit, Setelah melihat si Merak mereka biasanya akan lari ke rerimbunan semak. Karena mungkin terganggu dengan kehadiran manusia. Mereka sedikit pemalu, tapi gak malu-maluin. Beruntung banget bisa melihat burung langka ini yang habitatnya mulai sedikit berkurang.

Kalaupun tidak bisa melihat kemunculannya, di Cikasur banyak bulu-bulu nan indah si Merak yang terjatuh di hamparan savana yang luas sekali.

Cikasur ini seperti sebuah tempat misterius yang menyimpan sisi tersembunyi dan tiada habis isinya. Banyak banget keindahan yang mungkin belum terekspos. Cikasur ini semacam perempatan dimana perempatan itu dapat mengantar kalian ke tempat indah lain di gunung Argopuro.

Di wilayah Cikasur juga terdapat plang (tanda) Perhutani yang tulisannya “Dilarang Masuk Berbahaya, Bukan jalur pendakian” jalurnya nggak jelas dan berbahaya. Jangan menerabas kesana karena cukup berbahaya. Cukuplah menikmati landscape di area Cikasur aja ya, karena selain merak dan hewan-hewan lain, ada juga sungai qolbu dan salada airnya yang istimewa.

Selama hampir seminggu di Argopuro, melihat merak secara langsung adalah salah satu bagian yang menarik untuk dikenang. Tetap lindungi sang Merak… Ada yang kangen cikasur? atau gunung Argopuro? (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@hesbulkhofi