0

Beberapa Kisah Misteri di Gunung Salak

  • 16 Januari 2022 07:19

Ilustrasi (dok. Instagram/@halimunsalak_np)

Mounture.com — Banyak kisah dalam sebuah petualang, terlebih saat dalam pendakian ke gunung. Salah satunya ialah cerita misteri yang kerap dijumpai di setiap gunung yang ada di Indonesia.

Adalah Gunung Salak yang seringkali dikaitkan dengan kisah-kisah mistis baik dari masyarakat sekitar ataupun dari pendaki-pendaki yang pernah melakukan pendakian ke gunung yang memiliki ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Salak sendiri berada di dua wilayah Kabupaten, yakni Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS) ini menyimpan banyak kisah misteri yang tersebar di masyarakat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kisah misteri Gunung Salak yang kerap dikisahkan.

1. Kawah Ratu

Diceritakan oleh masyarakat setempat, bahwa di lokasi Kawah Ratu banyak pendaki meninggal dunia saat mengunjungi lokasi tersebut. Mereka meninggal dunia dikarenakan menghirup racun belerang yang berhembus dari kawah tersebut.

Warga pun beranggapan jika arwah dari pendaki yang meninggal di sana masih bergentayangan, dan sering menghantui pendaki. Konon, pendaki-pendaki yang akan menuju ke Kawah Ratu kerap menemui sosok makhluk halus.

2. Curug Seribu

Lokasi ini merupakan salah satu destinasi yang ada di Gunung Salak. Curug Seribu disebut sering ‘memakan’ korban jiwa yang diakibatkan karena arus deras yang membuat pengunjung terbawa arus dan tenggelam. Hal ini tidak jarang sering dikait-kaitkan dengan cerita mistis.

3. Kemunculan pasukan Prabu Siliwangi

Seringkali diceritakan bahwa sebagian pendaki kerap melihat sosok prajurit dengan jumlah yang banyak. Para prajurit itu seperti menggunakan pakaian zaman dahulu, dan ada pula penampakan sosok harimau yang sering dikaitkan dengan penjelmaan Prabu Siliwangi.

4. Puncak Manik

Puncak Manik merupakan salah satu lokasi yang menyimpan misteri. Konon disebutkan bahwa jika Puncak Manik adalah lokasi kerajaan gaib Pajajaran. Pada waktu-waktu tertentu kerajaan gaib Pajajaran akan mengadakan acara tertentu yang tak jarang didapati kejadian-kejadian di luar nalar.

5. Suara gamelan

Dari cerita yang tersebar di kalangan masyarakat, yang mana di Gunung Salak seringkali terdengar suara gamelan yang katanya semakin lama akan semakin terdengar jelas. Suara gamelan tersebut terdengar seperti suara-suara yang khas seperti sedang ada pesta. (MC/PC)