Sungai Alas di Gunung Leuser

(Mounture.com) — Gunung Leuser yang terletak di Provinsi Aceh merupakan salah satu gunung dengan trek terpanjang di Indonesia. Gunung ini menyimpan banyak pesona menarik, salah satunya adalah sungai alas.

Dikutip dari akun Instagram @abdul_kholiiq, diceritakan bahwa ada 6 sungai alas yang harus dilewatin untuk bisa sampai ke puncak Gunung Leuser, diantaranya 3 sungai kecil dan 3 sungai lumayan besar dan lebar.

“Kalau di musim penghujan usahain pintar-pintar baca situasi dan kondisi airnya, soalnya kalau lagi hujan deras dan air sungainya lagi naik otomatis kita nggak bisa lewatin, dan otomatis harus nunggu sampe aliran airnya memungkinkan buat dilewatin,” kisahnya dalam akun instagramnya, beberapa waktu lalu.

Karena, kata dia, buat menuju seberang tidak ada jembatan atau alat yang tersedia buat bantu pendaki melewatinya.

“Terlebih untuk lewatinnya harus sangat hati-hati, karena bebatuannya lumayan licin dan berlumut, jadi kalau kepeleset habislah sudah, pakaian, carrier, dan badan kita pasti basah kuyup semua,” tutur dia.

“Dan luar biasanya air sungai alas ini lebih jernih dibanding sumber air yang tersedia di setiap tempat camp di pegunungan Leuser. Jadi sangat layak untuk dikonsumsi,” ucapnya. (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@abdul_kholiiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.