0

Menikmati Pesona Pulau Karimun Jawa

(Mounture.com) — Karimun Jawa merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau, terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Laut Jawa, 80 kilometer sebelah Utara Jepara. Pulau Karimun Jawa ini memiliki keindahan perairan laut Jawa, pasalnya disini kalian akan disuguhkan pesona berupa pasir putih, perairannya yang bening, tenang, dan keindahannya yang eksotis.

Seperti dikisahkan oleh traveler Rangga Pramana yang melakukan perjalanan untuk menikmati pesona Pulau Karimun Jawa selama tiga hari, baru-baru ini. Menurutnya, untuk bisa menuju ke Pulau Karimun Jawa, kalian bisa menggunakan banyak pilihan moda transportasi dari Jakarta menuju ke Semarang, dan pilihan Rangga bersama dengan teman-temannya adalah menggunakan kereta api.

Kemudian dari Semarang bisa dilanjutkan dengan menggunakan bus atau travel menuju ke Jepara. Dari Jepara, kalian bisa menyeberang menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Kartini. Dari Pelabuhan Kartini, penyeberangan ditempuh dengan waktu 2 jam.

Snorkeling di Pulau Karimun Jawa (Mounture.com – Rangga Pramana)

Adapun destinasi pertama yang dikunjungi adalah Pulau Menjangan Kecil, di mana di pulau ini menjadi spot snorkeling pertama. Menariknya, banyak terdapat ikan-ikan kecil yang menyambut kedatangan wisatawan alias mengikuti kemana pun kita pergi.

“Spot snorkeling pertama, di dekat Pulau Menjangan Kecil. Gile ikannya banyak banget, wajib bawa roti. Nggak dikasih roti aja pada ngikutin itu ikan,” sahut Rangga.

Di pulau ini terdapat banyak warung-warung yang menjajakan makanan dan juga minuman serta bisa jadi lokasi untuk istirahat sejenak sembari menikmati desiran angin laut. Momen matahari terbenamnya pun sangat baik di lokasi ini dan sayang jika tidak diabadikan momennya.

Pulau Sintok, Karimun Jawa (Mounture.com – Rangga Pramana)

Di hari kedua, Rangga dan teman-temannya mulai mengeksplor beberapa destinasi, seperti snorkeling dan makan siang di Pulau Sintok, snorkeling sembari keliling di Pulau Cilik, dan menikmati sunset di Taman Nasional Karimun Jawa. “Pulau Sintok ini bentuknya mirip kaya Amoeba, underwaternya juara, kalau beruntung bisa ketemu Penyu di laut. Sayang kemarin nggak ketemu,” kisah Rangga.

Setelah puas menikmati pemandangan Pulau Sintok dan Pulau Cilik. Tujuan terakhir di hari kedua adalah menuju ke Taman Nasional Karimun Jawa. Di pulau ini terdapat larangan untuk menangkap ikan, selain itu di lokasi ini juga terdapat penangkaran penyu. “Sunset di sini (TN Karimun Jawa) juara banget deh,” ucapnya.

Mounture.com – Rangga Pramana

Di hari ketiga, destinasi yang dituju adalah Bukit Love di mana terdapat monumen ikonik bertuliskan Karimun Jawa dan menjadi spot foto favorit wisatawan yang datang ke tempat ini. “Karimun Jawa ini paket komplit, pantai, underwater, bukit, taman nasional, hutan, pulau ada semua,” ungkap Rangga. (MC/DC)