Mendaki Gunung Ungaran via Perantunan

(dok. Instagram/@siput.runner)

Mounture.com — Gunung Ungaran yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memiliki ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian, yaitu Gedong Songo, Jimbaran, dan Medini/Promosan serta yang terbaru via Perantunan.

Untuk jalur pendakian via Perantunan disebut sebagai jalur baru yang berada di sisi selatan Gunung Ungaran. Jalur via Perantunan ini diklaim sebagai salah satu jalur pendakian termudah untuk ke Puncak Botak, yaitu puncak tertinggi Gunung Ungaran.

Adapun basecamp Perantunan terletak di Jalan Gintungan Utara, Legowo, Duren, Kecamatan Bandungan, Semarang. Untuk menuju ke basecamp pendakian via Perantunan, pendaki bisa menggunakan aplikasi Maps dengan mengetikkan ‘Wisata Alam Perantunan’.

Peta jalur pendakian Gunung Ungaran via Perantunan (dok. instagram/@perantunan)

Melalui jalur Perantunan ini, pendaki akan melintasi 5 Pos pendakian. Namun perlu diingat, jika melalui jalur ini, pendaki tidak akan menemui sumber mata air, jadi pendaki harus mempersiapkan bekal air mineral secukupnya.

Untuk vegetasi di jalur pendakian ini berupa hutan yang sangat lebat, dan cukup sunyi jalur pendakiannya. Jadi cocok bagi kalian yang ingin menikmati kesunyian jika melalui jalur pendakian ini.

Saat sampai di Pos 4, pendaki akan menemui persimpangan puncak, yang mana arah ke kanan menuju ke Puncak Tugu, dan yang arah ke kiri menuju ke Puncak Bondolan, dan Puncak Botak. Untuk estimasi waktu pendakian Gunung Ungaran via Perantunan bisa ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan untuk sampai ke puncak. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.