Mendaki Gunung Telomoyo via Arsal

dok. kabsemarangtourism.com

Mounture.com — Gunung Telomoyo yang terletak di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu gunung yang disebut cocok untuk pendaki pemula. Bahkan, gunung ini bisa menggunakan sepeda motor untuk menuju ke puncaknya. Namun, penggunaan sepeda motor untuk menuju ke puncak Gunung Telomoyo terasa tidak menarik bagi sebagian pendaki.

Bagi pendaki yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung dengan ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dengan berjalan kaki, kalian bisa mencoba dengan melalui jalur pendakian via Arsal.

dok.kabsemarangtourism.com

Jalur pendakian Gunung Telomoyo via Arsal berada di Dusun Salaran, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Melalui jalur pendakian ini, pendaki akan melintasi 5 pos sebelum sampai ke puncak Tower yaitu puncak tertinggi Gunung Telomoyo.

Untuk lokasi camp-nya, pendaki bisa mendirikan tenda di Pos 5 yang merupakan rekomendasi sebagai lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Telomoyo. Selain di Pos 5, pendaki juga bisa mendirikan tenda di Camp Puncak.

Adapun lokasi camp yang berada di Pos 5 memiliki kapasitas kurang lebih 10 tenda, sementara untuk di Camp Puncak bisa menampung setidaknya 4 tenda saja. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Camp Puncak kurang lebih ditempuh selama 2-3 jam perjalanan.

Namun, perlu diingat, di jalur pendakian ini tidak ada sumber mata air jadi pendaki harus mempersiapkan cukup air mineral jika mau melakukan camp di gunung ini. Selain itu, biasanya pendaki hanya mendaki sampai di Camp Puncak saja, sebab jalur menuju ke Puncak Tower terbilang curam, dan jalurnya pun tertutup. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.