1

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Wilis via Roro Kuning

(Mounture.com) — Gunung Wilis merupakan salah satu gunung api yang sudah tidak aktif yang berada di Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki lima jalur pendakian, yaitu via Mojo (Kediri), Bajulan/Roro Kuning (Nganjuk), Sedudo (Nganjuk), Candi Penampihan (Tulungagung) dan Kare (Madiun).

Kendati tidak begitu populer di kalangan pendaki, namun gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup menantang. Kali ini, mounture.com akan menyajikan estimasi biaya dan waktu untuk mendaki Gunung Wilis via Roro Kuning seperti dikisahkan oleh Yohan Wijayanto (@yohanwijayanto).

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk tiket masuk, Rp1.000 untuk asuransi, dan Rp5.000 untuk biaya parkir kendaraan. Adapun basecamp pendakian dari Gunung Wilis via Nganjuk berada di sebelah kanan sebelum masuk lokasi wisata Roro Kuning. Pintu masuknya ditandai dengan plang bertuliskan ‘Posko Pendakian Sekartaji’.

Sekartaji sendiri merupakan pos yang ada di jalur pendakian Gunung Wilis menuju ke Puncak Limas. Di Pos Sekartaji ini, kalian akan dengan mudah mendapatkan sumber mata air, juga lokasi mendirikan tenda yang cukup luas. Oleh karena itu, Pos Sekartaji menjadi tempat favorit bagi pendaki untuk bermalam.

Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Wilis via Roro Kuning:

– Basecamp – Pos Panjer ditempuh kurang lebih sekitar 2,5 jam.
– Pos Panjer – Gentongan: kurang lebih 30 menit.
– Gentongan – Watu Tahu: 1,5 jam.
– Watu Tahu – Sekartaji: 1,5 jam.
– Sekartaji – PosPan: 2,5 jam.
– PosPan – Cemoro Besar: 1 jam.
– Cemoro Besar – Puncak Limas: 40 menit.

Sebagai catatan, pada jalur pendakian via Roro Kuning ini banyak pendaki yang belum tahu atau jarang melakukan pendakian di Gunung Wilis, karena itulah hutan dan keasriannya masih terbilang alami, untuk itu dihimbau kepada para pendaki untuk menjaga etika dan kesopanan selama pendakian, membawa kembali turun sampah, dan jangan lakukan vandalisme. (MC/DC)