Estimasi Waktu Mendaki Gunung Prau via Wates

(Mounture.com) — Gunung Prau yang terletak di Jawa Tengah merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki gunung. Gunung yang memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki beberapa jalur pendakian, yaitu Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo dan Wates.

Nah, kali ini mounture.com akan membahas mengenai estimasi waktu mendaki Gunung Prau via Wates yang dimulai dari Basecamp Wates yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Jalur pendakian ini termasuk dalam kategori landai, sehingga waktu tempuh bisa sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 4,7 kilometer. Dari basecamp ke pos 1, kalian akan disuguhkan dengan trek berupa jalan setapak yang cukup menguras tenaga. Kendati demikian, di jalur ini tersedia moda transportasi ojek dari basecamp jika kalian ingin mempersingkat waktu dan tenaga, dengan biaya Rp20 ribu saja.

Di jalur via Wates ini memiliki banyak trek yang landai dan terbilang cocok bagi pendaki pemula. Sekedar catatan, di jalur pendakian via Wates ini kalian akan menemui 2 sumber mata air yang terletak di Pos 1 berupa pipa pralon, dan Pos 3 juga berupa pipa pralon.

Berikut ini estimasi waktu perjalanan mendaki Gunung Prau via Wates:

– Basecamp – Pos 1 ditempuh kurang lebih 60 menit
– Pos 1 – Pos 2 (40 menit)
– Pos 2 – Pos 3 (45 menit)
– Pos 3 – Tanjakan Cinta (30 menit)
– Tanjakan cinta – Pelawangan (25 menit)
– Pelawangan – Camp Area (10 menit)

Adapun estimasi waktu ini tergantung dengan kondisi fisik dan mental kalian, jadi tidak bisa untuk disamakan. (MC/RL)

Foto: Mounture.com/Danang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.