Estimasi Mendaki Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu

dok. instagram/@nimas.wh

Mounture.com — Gunung Sindoro yang terletak di wilayah Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah merupakan salah satu gunung aktif yang menjadi salah satu lokasi favorit bagi pendaki. Gunung yang berdampingan dengan Gunung Sumbing ini memiliki beberapa jalur pendakian resmi, salah satunya adalah melalui Alang-alang Sewu.

Titik awal pendakian via Alang-alang Sewu terletak di Dusun Anggrunggondok Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Biasanya pendaki akan memulai pendakian dari basecamp yang dikelola oleh Pecinta Alam Jelajah Rimba Sindoro (Pajero Sindoro). Dari basecamp ini, kemudian pendaki akan melintasi hingga 4 Pos sebelum menuju ke Puncak.

Bagi kalian yang berminat untuk mendaki ke Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu, berikut ini estimasi waktunya yang dikutip dari akun instagram @milan2707b.

– Basecamp – Pos 1 (Lembah Kesunyian)

Perjalanan dari basecamp menuju Pos satu melewati rumah penduduk dan ladang penduduk dengan medan jalan makadam. Estimasi waktunya sekira 1,5 – 2 jam dengan jalan kaki dan 15 menit menggunakan jasa ojek sampai gapura Alang-alang sewu. Setelah gapura, trek di dominasi tanah yang berundak sampai di Pos 1.

– Pos 1 – Pos 2

Dari Pos 1 ke Pos 2 kontur jalan masih berupa tanah berundak dan terdapat banyak bonus berupa jalanan landai. Sebelum menuju ke Pos 2 terdapat pertigaan (simpang Nggopitan) yang jika ke kanan maka akan menjumpai sumber air di bak dengan waktu tempuh 15 menit (pulang-pergi) dari pertigaan tersebut. Adapun waktu tempuh dari Pos 1 ke Pos 2 adalah 1,5 jam.

– Pos 2 – Pos 3

Menuju ke Pos 3 jalur mulai terjal, di sini kalian akan melewati tanjakan Pasidi yang cukup menguras tenaga dengan kondisi jalan tanah yang agak licin. Di sepanjang perjalanan banyak ditumbuhi ilalang. Adapun di Pos 3 ini sangat ideal untuk mendirikan tenda, di mana bisa memuat belasan tenda, namun kalian perlu berhati-hati, sebab di Pos 3 ini terdapat babi hutan. Untuk waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.

– Pos 3 – Pos 4

Perjalanan dari Pos 3 ke Pos 4 cukup panjang dengan tanjakan yang terjal menguras tenaga, jalanan yang dipenuhi alang-alang serta pohon Lamtoro dan batu-batu besar yang memiliki bentuk yang unik. Menariknya, di sepanjang jalur ini banyak spot foto dengan background Gunung Sumbing. Waktu tempuh dari Pos 3 ke Pos 4 adalah 1,5 jam.

– Pos 4 – Puncak

Medan yang dilalui tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, masih melewati hutan mati atau kayu kering efek belerang kawah (Kazu Wazang), namun beberapa tumbuhan edelweiss mulai nampak dan bau belerang mulai tercium. 30 menit mendekati puncak maka trek berupa tanah campur batuan lepas dan mulai terbuka dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Adapun estimasi waktu ini hanyalah sebuah gambaran, di mana masing-masing individu memiliki fisik yang berbeda dan mungkin saja bisa lebih lama atau lebih cepat dari perkiraan waktu ini. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.