Catatan Perjalanan Mendaki Gunung Kuta di Bogor

Pos 3 Gunung Kuta (dok. Instagram/
@yeans.id)

Mounture.com — Ada yang pernah mendengar Gunung Kuta? Mungkin banyak dari kalian masih asing mendengar nama gunung yang terletak di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, kalian bisa menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam dengan menggunakan sepeda motor dari Cikarang. Seperti dikisahkan oleh akun instagram Rizka Apriliyani (@rizkaaa284).

Dia mengungkapkan bahwa jika ingin mendaki ke gunung ini, kalian bisa menanyakan ke warga sekitar. Sebab, di sekitaran kawasan Gunung Kuta masih sangat minim petunjuk jalan untuk menuju ke basecamp pendakian, dan jalannya pun rusak parah.

“Gunung ini terbilang masih baru dibuka dan mungkin akan terasa asing di telinga pendaki,” katanya dalam postingan foto di akun instagram-nya, baru-baru ini.

Puncak Gunung Kuta (dok. Instagram/@rizkaaa284)

Dia pun mengungkapkan untuk mendaki ke Gunung Kuta, pendaki akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp20 ribu per orang, dan untuk yang membawa kendaraan seperti motor akan dikenakan biaya penitipan sebesar Rp10 per motor.

Adapun untuk mendaki ke gunung ini, memakan waktu kurang lebih sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan, tergantung fisik dari masing-masing individu. “Kemarin kita jalan santai jadi sampe 90 menit, kalau jalan cepat mungkin 1 jam sampe Pos 3,” tutur Rizka.

“Batas mendirikan tenda yaitu di Pos 3. Dan di Pos 3 agak turun ke bawah di situ ada WC dan mata air yang melimpah jadi gausah berat-berat bawa air dari bawah ya,” jelasnya.

Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Kuta.

Basecamp – Pos 1 sekitar 30 menit
Pos 1 – Pos 2 (20 menit)
Pos 2 – Pos 3 (40 menit)
Pos 3 – Puncak (30 menit). (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.