0

Viral Video Gunung Welirang seperti Erupsi, Ini Penjelasan BMKG

  • 13 Desember 2021 21:20

Tangkapan layar video Gunung Welirang (dok. Aprilita)

Mounture.com — Malam ini, dunia maya dihebohkan dengan video penampakan Gunung Welirang yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur seperti mengalami erupsi.

Dalam banyak postingan video terutama di media sosial Instagram, terlihat Gunung Welirang dari kejauhan diselimuti awan seperti kepulan asap serta petir dengan berlatar belakang oranye di sekitar awannya.

Sontak hal ini membuat jagat maya beranggapan bahwa Gunung Welirang mengalami erupsi. Namun, hal itu disanggah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Malang melalui akun Twitter-nya (@BMKGkarangploso).

Menurut BMKG, penampakan yang terjadi pada Gunung Welirang itu dikarenakan cuaca ekstrim yang ada di wilayah gunung yang berdekatan dengan Gunung Arjuno itu. Di mana, kilat yang terlihat itu merupakan cuaca ekstrim yang berasal dari awan Cumulonimbus.

“Kilat tersebut adalah cuaca ekstrem yang berasal dari awan Cumulonimbus (CB), hal tersebut lumrah ketika siangnya terik, maka biasanya sore hari muncul awan CB. Coba googling awan CB penampakannya kurang lebih seperti itu,” tulis akun Twitter @BMKGKarangPloso, Senin, 13 Desember 2021. (MC/PC)