Usai Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Kembali Dibuka

(Mounture.com) — Usai mengalami kebakaran hutan, jalur pendakian Gunung Arjuno kembali dibuka. Adapun pembukaan jalur pendakian tersebut dilakukan karena tanggap darurat kebakaran telah selesai.

“Pendakian kembali dibuka mulai Jumat (9/8) karena tanggap darurat kebakaran sudah selesai. Kemudian pemadaman juga sudah lama selesai,” kata Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi seperti dikutip dari detik.com.

Lebih jauh dia menuturkan bahwa kawasan Arjuno-Welirang memang masih rawan kebakaran. Kondisi tersebut juga berlaku di kawasan hutan lain karena kemarau panjang. Pihaknya terus siaga dan melakukan pemantauan.

“Terkait pendaki, kita memberikan briefing sebelum naik untuk tidak membuat api unggun. Kalau memang mereka mau masak, harus menggunakan gas, seperti itu. Pendaki silakan merayakan 17 agustusan di Arjuno, mengibarkan bendera atau ekspresi lainnya. Tapi kami minta tetap mematuhi ketentuan tersebut,” tutur Wahyudi.

Dia mengatakan keberadaan pendaki selama ini membantu pihak Taman Hutan Raya (Tahura). Pasalnya, pendaki sering memberikan informasi terkait peristiwa yang ada di jalur pendakian. “Aktivitas pendakian itu membantu kami. Seringkali para pendaki menyampaikan informasi terhadap temuan-temuan di atas sepanjang jalur,” ungkap dia.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kebakaran hutan yang terjadi pada akhir Juli lalu, bukan disebabkan oleh ulah pendaki. Wahyudi menyakini secara umum pendaki merupakan pecinta alam yang tak ingin kawasan gunung mengalami kerusakan. (MC/PC)

Foto: Instagram/@tulussusanto1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.