Tugu Elang Jawa di TN Gunung Merapi Diresmikan

Mounture.com — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) meresmikan Tugu Elang Jawa yang berlokasi di Objek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero. Peresmian Tugu Elang di OWA Jurang Jero dilakukan oleh Dirjen KSDAE KLHK, Wiratno pada Sabtu, 20 Februari 2021.

Tugu Elang Jawa sendiri dibuat oleh seniman Kaliurang, yaitu Juli, dan Barokah yang sudah berpengalaman dalam membuat patung, setidaknya tiga patung telah dikerjakan mereka, diantaranya patung udang, elang jawa, dan monyet ekor panjang di wilayah Kaliurang, Sleman.

Pembangunan Tugu Elang Jawa, dan taman pakis yang dilakukan sejak Oktober hingga Desember 2020 itu menghabiskan biaya sekitar Rp78 juta.

Dikutip dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dijelaskan bahwa inisiasi pembangunan Tugu Elang ini adalah adanya kunjungan Presiden Joko Widodo pada 14 Februari 2020 lalu di OWA Jurang Jero.

Dalam kunjungan itu, Presiden menginstruksikan upaya pemulihan lingkungan baik di dalam maupun di luar kawasan yang ditandai dengan penanaman pohon bersama pelajar/pramuka dan masyarakat setempat di Jurang Jero. Dalam kesempatan itu, Presiden juga melepasliarkan dua ekor Elang Jawa (Nisaetus bartelsii) di kawasan Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Adapun Tugu Elang itu dibangun sebagai kenangan atas kunjungan Presiden RI, Joko Widodo di OWA Jurang Jero, kawasan TNGM, serta sebagai pengingat bahwa Elang Jawa yang dilindungi UU ada di Kawasan TNGM dan harus terus dilestarikan.

“Selanjutnya karena Tugu Elang dirancang dengan mempertimbangkan keindahan view Merapi maka diharapkan dapat menjadi salah satu view andalan OWA Jurang Jero,” tulis pihak TNGM. (MC/RIL)