TN Gunung Rinjani Tetap Batasi Kuota Pendakian

(Mounture.com) — Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) akan tetap membuka 4 jalur pendakian ke Gunung Rinjani, yaitu Sembalun, Senaru, Timbanuh dan Aik Berik dengan jumlah kuota yang tetap sama dengan hari-hari biasanya.

Dalam keterangan resmi yang diterima Mounture.com, Jumat (26/7), pihak BTNGR, menyebutkan bahwa akan tetap memberlakukan kuota pendakian yang sama dengan hari biasa terkait peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Di mana kuota untuk jalur pendakian Sembalun sebanyak 150 orang per hari, jalur pendakian Senaru sejumlah 150 orang per hari, jalur pendakian Timbanuh 100 orang per hari dan jalur pendakian Aik Berik berjumlah 100 orang per hari.

Adapun alasan BTNGR untuk tidak menambah kuota pendakian ketika perayaan hari kemerdekaan itu adalah dengan mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan pendaki, kemungkinan dampak negatif terhadap ekosistem serta daya dukung lingkungan atau kawasan.

Selain itu, BTNGR pun meminta kepada para pendaki untuk mematuhi Standar Operasional Pendakian (SOP) yang telah ditentukan oleh Taman Nasional Gunung Rinjani.

Sebagai informasi, Gunung Rinjani resmi dibuka pada 14 Juni 2019 lalu dengan jalur pendakian yang terbatas hanya sampai Pelawangan (Pelawangan Sembalun, Aik Berik, Senaru, dan Timbanuh). Selain itu, pihak BTNGR pun telah menerapkan booking online via aplikasi eRinjani yang bisa diakses melalui Android ataupun website. (MC/PC)

Foto: Instagram/@mujahid_marten