0

TN Gunung Rinjani Akan Tingkatkan Kuota dan Durasi Kunjungan

Gunung Rinjani (dok. TNGR)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) berencana akan meningkatkan jumlah kuota pengunjung, dan juga akan menambah durasi kunjungan di wisata alam TN Gunung Rinjani.

Hal itu diungkapkan TN Gunung Rinjani melalui postingan di akun instagram resminya (@btn_gn_rinjani), Jumat, 22 April 2022. Dalam postingannya, TN Gunung Rinjani menyebutkan bahwa akan segera diumumkan untuk peningkatan kuota dan durasi kunjungan wisata alam di TN Gunung Rinjani.

“Ada apa nih dengan Rinjani? Akankah kuota dan durasi pendakian ideal akan segera terwujud semeton?,” tulis akun instagram resmi TN Gunung Rinjani (@btn_gn_rinjani).

Seperti diketahui, pada pembukaan kegiatan pendakian Gunung Rinjani yang dilakukan pada 16 Maret 2022, TN Gunung Rinjani memberlakukan kuota pengunjung, di mana hanya maksimal 50% dari kuota kunjungan normal dan lama kunjungan kegiatan wisata pendakian adalah 3 hari 2 malam.

Baca juga: Telaga Biru, Destinasi Wisata Seru di TN Gunung Rinjani

Selain itu, TN Gunung Rinjani juga menerapkan sistem booking online untuk kunjungan pendakian melalui aplikasi e-Rinjani yang dapat diunduh melalui Playstore mulai 12 Maret 2022 pukul 05.00 – 20.00 WITA.

Tak hanya itu, TN Gunung Rinjani pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap para pengunjung mulai dari pintu masuk, saat di lokasi wisata, maupun saat di luar pintu wisata. Pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker, membawa hand sanitizier atau sabun cair.

Adapun untuk kegiatan pendakian, TN Gunung Rinjani membuka semua jalur pendakian resminya, diantaranya via Timbanuh, Aik Berik, Sembalun, Senaru, Torean, dan Tete Batu. (MC/LS)