0

TN Gunung Merbabu Lakukan Perbaikan Jalur Pendakian

  • 23 Desember 2019 07:02

(Mounture.com) — Memanfaatkan penutupan jalur pendakian, Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) terus melakukan pembenahan fasilitas yang ada di kawasan Gunung Merbabu. Salah satunya yang dilakukan oleh Resort Selo yang melakukan perbaikan jalur pendakian.

Dalam postingan di akun instagram resminya, @tngunungmerbabu_official, dikatakan bahwa sampai kemarin (Sabtu, 21 Desember 2019) masih dilakukan perbaikan jalur yang lebih difokuskan pada jalur pendakian antara Pos 3 Batu tulis sampai dengan Sabana 1 Jalur Pendakian Selo.

“Jalur ini terkenal terjal, licin dan ekstrim. Selain itu saat kebakaran kemarin rumput dan sebagian edelweis terbakar habis yang menyebabkan bebatuan sedang sampai besar rawan longsor dan membahayakan pendaki saat naik maupun turun,” tulis akun tersebut, Minggu, 22 Desember 2019.

Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa pohon di sepanjang jalur Pos 3 Batu tulis sampai dengan Sabana 1 Jalur Pendakian Selo sudah sangat minim. Selain itu juga dilakukan pemasangan tanda zona jalur pendakian pada sisi kanan kiri jalur dengan harapan jalur tidak terus melebar karena pijakan pendaki dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada vegetasi tanaman di sepanjang jalur pendakian.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas Resort Selo, MMP dan MPA Selo, KPA Rajawali, volunteer merbabu, serta masyarakat sekitar,” kata akun itu. (MC/RL)

Foto: dok. Instagram/@tngunungmerbabu_official