0

TN Gunung Merbabu Lakukan Pemeliharaan Jalur Pendakian Selo

Foto: dok. TN Gunung Merbabu

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) melakukan kegiatan pemeliharaan jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo yang dilakukan pada Minggu, 8 Mei 2022.

Kegiatan pemeliharaan jalur pendakian itu dimulai dengan apel pagi bersama yang diikuti oleh petugas Resort Selo dan Ranger Merbabu. Kegiatan itu dilakukan menyambut pembukaan jalur pendakian yang dibuka mulai Senin, 9 Mei 2022.

Foto: dok. TN Gunung Merbabu

Adapun kegiatan itu meliputi, pemangkasan tanaman yang menutupi jalur pendakian, pembuatan trap pada jalur yang terjal, perawatan/pembersihan plang informasi serta patok HM.

Baca juga: Cara Edit Data Booking Pendakian Gunung Merbabu

Kemudian, pembuatan sodetan air di jalur pendakian yang berpotensi erosi dan mengakibatkan longsor, pembersihan sampah sepanjang jalur pendakian Selo sampai dengan Sabana 1, dan pemberian petunjuk arah dari Pos 3 menuju ke Pos 2.

“Semoga setelah dilakukan pemeliharaan jalur, pendakian berjalan lebih aman dan nyaman. Kami siap menyambut sobat semua,” tulis akun instagram resmi TNGMb (@btn_gn_merbabu).

Sebagai informasi, usai ditutup pada 25 April 2022 lalu, TN Gunung Merbabu telah kembali membuka kegiatan pendakian Gunung Merbabu via Selo dan Thekelan mulai 9 Mei 2022. (MC/RIL)