TN Gunung Merbabu Lakukan Aktivitas Bersih Gunung dari Sampah dan Vandalisme

Kegiatan bersih gunung yang dilakukan TNGMb (dok instagram/@balai_tn_gunungmerbabu)

Mounture.com — Memperingati momen Hari Gunung Sedunia, Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) melakukan aktivitas pembersihan dari sampah dan vandalisme di Gunung Merbabu yang berlangsung selama dua hari dari 10-11 Desember 2020.

Dalam postingan di akun instagram resmi TNGMb (@balai_tn_gunungmerbabu), dikatakan bahwa TNGMb memiliki cara sendiri dalam memperingati hari gunung sedunia, yaitu tetap merawat kebersihan gunung, tidak hanya sebatas mengucapkan ‘selamat hari gunung sedunia’.

“Kami tetap fokus walaupun di kala pandemi tetap peduli dan melakukan kegiatan aksi nyata pemungutan sampah di jalur pendakian Selo. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 10 sampai dengan 11 Desember 2020 kemarin, dengan peserta sebanyak 20 orang dari Pegawai TN, Volunteer Merbabu Selo, KPA Rajawali, MPA dan warga gancik Desa Selo,” tulis akun itu.

Kegiatan pemungutan sampah dan bersih-bersih vandalisme serta perbaikan papan petunjuk ini dilakukan mulai dari pos registrasi sampai dengan pos 4 sabana satu.

TNGMb mengatakan bahwa selama tahun 2020 telah dilakukan beberapa kali aksi bersih sampah, tetapi bersih sampah kali ini lebih detail mencari sampah sampai dasar selokan air, di bawah semak semak sekitar sabana satu sampai dengan dasar lembah di pos 2 pandean.

“Sampah hasil pemungutan kami pilah dan ditimbang, kemudian dibakar. Kegiatan berjalan aman dan lancar sampai selesai,” terang akun instagram @balai_tn_gunungmerbabu.

Dijelaskan pula, di hari pertama berhasil memperoleh sampah sebanyak 150 kilogram dan hari kedua sebanyak 50 kilogram, dari berbagai jenis sampah meliputi botol plastik air minum mineral, botol kaca, kaleng sarden, kantong plastik, jas hujan bekas, mie instan, permen, dan lain-lain.

“Jaga diri dan jaga kesehatan ya untuk para calon pendaki. Gunung Merbabu siap menyambutmu. Bawa turun sampahmu buang pada tempatnya!,” imbau TNGMb. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.