TN Gunung Merapi Kembali Buka OWA Plunyon

  • 4 February 2023 06:58

OWA Plunyon di TN Gunung Merapi (Foto: Instagram/@iqbalxpangestu)

Mounture.com — Usai ditutup akibat longsor pada Desember 2022 lalu, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali membuka destinasi objek wisata alam (OWA) Plunyon pada Jumat, 3 Februari 2023.

Pembukaan OWA Plunyon itu berdasarkan surat edaran bernomor PG.02/BTNGM/TU/02/2023 tertanggal 2 Februari 2023. Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa pembukaan OWA Plunyon itu merujuk pada kondisi terkini OWA Plunyon di Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman pascabanjir longsor yang terjadi pada 27 Desember 2022.

Dijelaskan pula bahwa pascabanjir longsor di OWA Plunyon yang terjadi pada tanggal 27 Desember 2022 yang mengakibatkan kerusakan pipa saluran air PDAM, saluran air untuk masyarakat Desa Umbulharjo, serta pengaman jembatan Plunyon.

BACA JUGA:

Ini Daftar Gunung yang Jarang Dikunjungi

Penjelasan Tentang Kawasan Konservasi

Selanjutnya Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Cangkringan telah berkoordinasi dengan Lurah Umbulharjo serta instansi terkait di wilayah Kapanewon Cangkringan, untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan longsoran tanah, perbaikan pipa air, serta perbaikan pengaman jembatan Plunyon.

Selain itu RTPN Cangkringan juga telah melakukan perbaikan papan informasi di beberapa titik serta membuat jadwal penjagaan petugas pelayanan pengunjung.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada hari Jumat, 3 Februari 2023, OWA Plunyon dapat dibuka kembali untuk pengunjung umum,” tulis surat edaran TNGM.

Pihak TNGM pun meminta untuk pengunjung tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan masing-masing serta memperhatikan aturan/himbauan dari petugas OWA Plunyon. (MC/RIL)