0

TN Gede Pangrango Gelar Operasi Bersih

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menggelar kegiatan operasi bersih (opsih) gunung yang berlangsung pada 29-30 Maret 2019.

Rute opsih pun masih seperti biasa, yaitu jalur pendakian Gunung Putri dan Cibodas yang pelaksanaanya melibatkan mitra dan masyarakat. Tercatat 170 orang ikutserta dalam kegiatan opsih ini.

Rute pelaksanaan aksi bersih untuk jalur pendakian pintu masuk Cibodas meliputi Panyancangan – Air Panas – Kandang Badak – Puncak Gede dan Gunung Pangrango.

Sedangkan untuk jalur pendakian pintu masuk Gunung Putri, dengan rute Pusat Informasi – Pos Lama – Legok leunca – Buntut Lutung – Simpang Maleber – Alun Alun Surya Kencana – Puncak Gumuruh/ Torowongan (Jalur Ziarah) – Alun Alun Timur – Alun Alun Barat – Puncak Gede.

Kegiatan Operasi Bersih Gunung kali ini menghasilkan sampah sebanyak 565 kilogram, dengan rincian 334 kilogram sampah yang berasal dari jalur pendakian Gunung Putri dan 231 kilogram sampah yang berasal dari jalur pendakian Cibodas.

Berdasarkan hasil pemilahan jumlah sampah dari kedua jalur pendakian tersebut, botol air mineral (Air Mineral Dalam Kemasan) 145 kilogram, B3 (kaleng gas) 104 kilogram, tisu basah/kering 80 kilogram, sampah plastik 127 kilogram, dan sampah lain-lain 109 kilogram. (MC/AI)