Pendakian Gunung Arjuno Welirang Kembali Dibuka

dok. instagram/ @arjunoviapurwosari

Mounture.com — Usai ditunda karena masalah teknis, akhirnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo resmi membuka kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang mulai 19 September 2021 kemarin.

Pembukaan kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang untuk saat ini hanya dibuka melalui dua jalur pendakian yakni via Tretes dan Tambaksari (Purwosari). Sementara untuk jalur pendakian via Cangar, dan Lawang masih ditutup sementara.

Untuk bisa mendaki Gunung Arjuno Welirang, calon pendaki diwajibkan untuk melakukan booking online melalui laman sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id. Selain itu, pihak Tahura Raden Soerjo juga menetapkan beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa mendaki ke Gunung Arjuno Welirang serta menerapkan sistem kuota, di mana hanya tersedia kuota sebanyak 150 orang per hari.

Adapun syarat dan ketentuannya, yakni sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama, menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk menunjukkan surat vaksin pada masing-masing ponsel pendaki, penerapan protokol kesehatan 5M dengan ketat, dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah dan masker sembarangan.

“Jalur pendakian yang dibuka hanya melalui Tretes dan Tambaksari (Purwosari). Anggota rombongan wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis 1,” tulis laman booking online Gunung Arjuno Welirang. (MC/PC)