0

Padamkan Api di Gunung Ciremai, Helikopter Pengebom Air Dikerahkan

(Mounture.com) — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan mengerahkan dua helikopter pengebom air dari Jakarta untuk membantu memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat sejak 7 Agustus 2019 kemarin. Dua unit helikopter tersebut diterbangkan dari Jakarta menuju bandara Cakrabuana, Penggung, Cirebon, Jawa Barat.

Kepala BPBD Kuningan, Agus Mauludin, menjelaskan bahwa dini hari tadi, satu helikopter didatangkan dari Jakarta, dan telah melakukan uji terbang pukul 07.00 WIB. Lalu mengecek lokasi sumber air Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat.

“Helikopter ini punya kapasitas 1.000 liter angkut air. Volume angkutnya memang hanya seperempat dari helikopter yang digunakan pada tahun lalu,” ungkap dia seperti dikutip dari laman resmi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jumat (9/8).

Lebih jauh dia menyampaikan bahwa akan ada satu helikopter lagi dari Jakarta untuk pemadaman api gunung Ciremai wilayah Majalengka. “Sumber air diambil dari Situ Sangiang,” ucapnya.

“Meskipun helikopter telah diterjunkan tapi semangat tenaga tim gabungan tak boleh kendor,” tutur Kepala Balai TNGC, Kuswandono. (MC/RL)