Masuk Level 3 PPKM, Pendakian Gunung Arjuno Welirang Kembali Ditutup

(dok. Tahura Raden Soerjo)

Mounture.com — Usai dibuka sejak medio September 2021, kini Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo kembali melakukan penutupan untuk kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang mulai Selasa, 5 Oktober 2021 kemarin.

Penutupan kegiatan pendakian tersebut dikarenakan Kabupaten yang termasuk dalam wilayah jalur pendakian Gunung Arjuno Welirang masuk ke dalam level 3 kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh pemerintah.

Dalam surat edaran bernomor 522/685/123.7/2021 tertanggal 5 Oktober 2021, dijelaskan bahwa berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri No 47 tahun 2021 dinyatakan bahwa Kabupaten Pasuruan berada pada level 3, di mana kegiatan wisata tidak diijinkan.

“Maka ditetapkan terhitung mulai tanggal 5 Oktober 2021 kegiatan pendakian ke Gunung Arjuno Welirang melalui Jalur Tretes, Tambaksari dan Gumandar di Kabupaten Pasuruan ditutup. Kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang akan dibuka kembali dengan memperhatikan instruksi pemerintah lebih lanjut,” tulis surat edaran itu.

Sebelumnya, kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang dibuka sejak 19 September 2021 lalu, di mana dua jalur pendakian yang baru dibuka, yakni via Tretes, dan Tambaksari (Purwosari). Sementara untuk jalur pendakian via Cangar dan Lawang masih ditutup. (MC/RIL)