Lutung Budeng Penghuni Gunung Ciremai

Lutung Budeng (dok. TNGC)

Mounture.com — Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki beragam keanekaragaman hayati dan ekosistem. Dengan keberagaman itu, pengunjung wisata alam di kawasan TNGC akan menemui banyak jenis satwa, salah satunya Lutung Budeng.

Melansir dari laman TNGC, disebutkan bahwa Lutung Budeng merupakan satwa dari keluarga Cercopithecidae yang memiliki nama jenis ‘Trachypithecus auratus’. Satwa ini memiliki rambut serta kulit yang berwarna hitam. Uniknya pada kelas umur anak, satwa ini memiliki rambut yang berwarna jingga keemasan.

Di kawasan TNGC, Lutung Budeng dapat dijumpai dari hutan dataran rendah sampai sub alpin. Yaitu pada ketinggian 1.000 – 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di tanah Pasundan satwa ini dikenal sebagai tokoh utama dalam legenda rakyat ‘Lutung Kasarung’.

Keberadaannya sangat penting dalam menjaga kelestarian ekosistem hutan. Sebab, satwa ini berperan dalam penyebaran biji dan membantu penyerbukan tumbuhan di hutan. Lutung Budeng disebut seringkali dapat ditemui di salah satu obyek daya tarik wisata alam (ODTWA) Situ Sangiang yang berada Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka.

Di lokasi itu, pengunjung wisata bisa melihat keberadaan serta perilaku dari Lutung Budeng di alam. Tertarik melihatnya? (MC/RIL)

Sumber: Taman Nasional Gunung Ciremai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.