Langka! Kambing Hutan Sumatera Tertangkap Kamera Trap TN Gunung Leuser

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) merilis video penampakan dua ekor Kambing Hutan Sumatera (Sumatran Serow). Adapun penampakan tersebut berhasil didapat dari dokumentasi kamera trap yang terpasang di kawasan TNGL.

Pada video yang dirilis melalui akun instagram resmi TNGL @gunungleusernationalpark terlihat sepasang Kambing Hutan Sumatera tersebut sedang mencari makan. Terlihat hewan itu bertubuh kekar dengan rambut lebat dan kasar berwarna hitam keabuan serta memiliki moncong seperti kerbau dengan tanduk lurus, ramping layaknya tanduk antelop dan melengkung ke belakang.

Dalam caption videonya, TNGL, mengungkapkan bahwa Kambing Hutan Sumatera alias Sumatran Serow di Indonesia penyebarannya hanya di pulau Sumatera. Status konservasinya saat ini rentan atau Vulnerable (VU) karena diyakini mengalami penurunan yang signifikan (mungkin lebih dari 30%, sejak 21 tahun terakhir) akibat perburuan maupun hilangnya habitat.

“Capricornis sumatraensis termasuk satwa yang dilindungi. Keberadaan kambing ini jarang terlihat. Alhamdulillah, satwa dari family Bovidae yang lebih sering soliter ini kedapatan berduaan pada penampakan kamera jebak di #tngunungleuser,” tulis akun tersebut, baru-baru ini. (MC/RL)

https://www.instagram.com/p/CArDx9xg-Ea/