0

Kebakaran Hutan, Gunung Rinjani Ditutup Sementara

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) melakukan penutupan sementara semua jalur pendakian mulai 20 Oktober 2019. Adapun penutupan jalur pendakian gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dikarenakan adanya kebakaran di jalur pendakian Senaru.

Penutupan jalur pendakian tersebut pun tertuang dalam surat edaran bernomor PG.871/T.39/TU/KS/2019 yang ditanda tangani oleh Plh Kepala Balai Dwi Pangetstu tertanggal 20 Oktober 2019 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam surat itu dijelaskan bahwa sehubungan dengan kejadian kebakaran hutan di jalur pendakian Senaru pada Sabtu, 19 Oktober 2019 yang mengarah hingga ke jalur pendakian Sembalun dan sebagai antisipasi meluasnya pada jalur pendakian lain, dengan ini Balai TNGR menutup kegiatan pendakian di semua jalur pendakian sejak tanggal 20 Oktober 2019 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bagi pendaki/masyarakat/pelaku wisata yang telah melakukan booking online dapat melakukan reschedule pendakian pada waktu yang lain sesuai ketersediaan kuota pada semua jalur pendakian.

Reschedule dapat dikerjakan melalui aplikasi eRinjani atau reschedule offline melalui petugas di pintu pendakian atau bantuan operator melalui hotline +62811283939. (MC/PC)