Jelang Agustusan, Kuota Pendakian Gunung Ciremai Penuh

(dok. tngciremai.com)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengonfirmasi bahwa kuota pendakian menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 sudah terisi alias penuh. Kuota harian yang telah ditetap TNGC itu mulai penuh di tanggal 15-16 Agustus 2020.

“Untuk 15 dan 16 Agustus 2020, kuota harian sudah full booking. Jumlah total selama dua hari itu mencapai 286 tenda di TC (transit camp) untuk 566 pendaki. Ya, itu kouta 30 persen,” ungkap Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGC, Didik Sujianto di Cirebon, Jawa Barat.

Seperti diketahui, jalur pendakian Gunung Ciremai sejak 8 Agustus 2020 lalu telah membuka tiga jalur pendakian, yaitu Linggajati di Desa Linggajati, Cilimus, kemudian jalur Linggasana di Desa Linggasana, Cilimus, dan Palutungan di Desa Palutungan, Kuningan. Sedangkan untuk jalur pendakian via Apuy di Majalengka masih ditutup hingga 18 Agustus 2020.

Adapun kuota harian jalur pendakian Linggajati tersedia 35 tenda di TC untuk 69 pendaki, jalur Linggasana tersedia 33 tenda di TC untuk 65 pendaki, dan jalur Palutungan tersedia 75 tenda di TC untuk 149 pendaki.

“Dalam pendakian dua hari semalam, semua wajib patuh pada prosedur, termasuk menunjukan surat keterangan bebas Covid-19 bagi pendaki dari luar Kuningan, Majalengka, Cirebon, dan Indramayu,” tutur Humas TNGC, Agus Yudantara.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa selain dari dua aturan itu, para pendaki juga mesti turut mencegah bencana kebakaran hutan di kawasan TNGC. “Harap bereskan dengan tertib alat masak setelah digunakan. Jangan sampai api tak terkendali sehingga menimbulkan bencana,” pungkas Agus. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.