Jalur Pendakian Gunung Semeru Dibuka 1 Oktober 2020

  • 23 September 2020 07:07

Puncak Mahameru

Mounture.com — Usai di tutup akibat pandemi Covid-19, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengumumkan akan kembali membuka jalur pendakian Gunung Semeru mulai 1 Oktober 2020 mendatang.

Pembukaan kembali jalur pendakian itu berdasarkan surat edaran bernomor PG.09/T.8/BIDTEK.1/KSA/9/2020 tertanggal 21 September 2020 yang ditandatangani oleh Kepala BB TNBTS John Kenedie.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Semeru itu berdasarkan rapat koordinasi pembukaan jalur pendakian dalam reaktivasi bertahap pendakian Gunung Semeru pada tanggal 21 September 2020.

“Pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dibuka kembali pada Kamis, 1 Oktober 2020,” tulis surat edaran TNTBTS.

Dalam surat edaran itu juga dijelaskan bahwa ada persyaratan yang harus dipenuhi saat akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru diantaranya menerapkan SOP pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di TNBTS.

Kemudian, pembelian karcis masuk melalui booking online pada situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org. Lalu, jumlah kuota pendakian maksimal 120 orang per hari, dan pendakian hanya diperkenankan untuk 2 hari 1 malam. (MC/RIL)