0

Jalur Pendakian Gunung Salak Resmi Dibuka Hari ini

  • 11 April 2018 07:48

Surat edaran pembukaan jalur pendakian Gunung Salak (dok.Instagram/@halimunsalak_np)

 

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (BTNGHS) mengumumkan pembukaan jalur pendakian Gunung Salak akan mulai dilakukan pada 11 April 2018. Adapun pengumuman tersebut dikeluarkan berdasarkan dari surat edaran yang diposting akun Instagram @halimunsalak_np.

Dalam postingannya, disebutkan bahwa jalur pendakian Gunung Salak 1 dan Objek Wisata Kawah Ratu dibuka untuk pengunjung pada 11 April 2018. “Untuk keselamatan, pengunjung dihimbau agar tidak mendekati lokasi kawah dan mempersiapkan peralatan yang memadai mengingat jalur berlumpur pada Simpang Bajuri hingga HM 9,” sebut akun resmi BTNGHS tersebut, baru-baru ini.

Sementara dari surat edaran BTNGHS, memberikan lima poin diantaranya BTNGHS selaku pengelola kawasan, telah mengeluarkan prosedur tetap (Protap) tentang pendakian Gunung Salak dan Kawah Ratu sebagai petunjuk serta tata cara dalam Pendakian ke Puncak Gunung Salak dan Kawah Ratu untuk memenuhi ketentuan keselamatan pengunjung dan ekosistem hutan.

Sementara poin kedua, menyebutkan sehubungan dengan kondisi cuaca yang kondusif di sekitar Gunung Salak dan hasil evaluasi aksesibilitas jalur pendakian Gunung Salak, maka BTNGHS memberlakukan Pembukaan Pendakian Gunung Salak dan Objek Wisata Kawah Ratu terhitung mulai 11 April 2018 pukul 00.00 WIB.

Di poin ketiga, pihak BTNGHS menyatakan bahwa berdasarkan Laporan Bulanan Gunungapi Salak Bulan Maret 2018 oleh Pos Pengamatan Gunungapi Salak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi bahwa pengunjung tidak diperbolehkan mendekati Kawah (Kawah Ratu, Kawah Hirup, Kawah Mati) dalam jarak dekat, terutama pada kondisi hujan.

Sedangkan poin keempat dijelaskan, para pendaki agar mempersiapkan diri dengan perlengkapan lapangan yang memadai untuk melewati jalur berlumpur dari Simpang Bajuri hingga HM9. Dan poin terakhir, pihak BTNGHS mengatakan bahwa surat edaran ini harus dipatuhi.

Sebelumnya, pihak Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kader Konservasi TNGHS, Volunteer Salak, dan Akademisi telah melakukan kegiatan evaluasi jalur pendakian, melalui jalur Resmi Cidahu, Resort Kawah Ratu. (MC/DC).