Jalur Pendakian Gunung Bismo Ditutup Hingga Maret 2020

(Mounture.com) — Forum Komunikasi Pengelola Gunung Bismo (FKPGB) mengumumkan akan menutup sementara jalur pendakian Gunung Bismo mulai 16 Januari – 17 Maret 2020. Adapun penutupan jalur pendakian tersebut berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan FKPGB pada Desember 2019 lalu.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa penutupan jalur pendakian Gunung Bismo dilakukan untuk mengantisipasi kondisi cuaca buruk, reboisasi, dan perbaikan jalur pendakian di masing-masing basecamp Gunung Bismo.

“Untuk di jadwalkan ya. Bismo tutup sesuai tanggal yang tertera di pengumuman 16 Januari sampai dengan 17 Maret 2020,” tulis akun instagram @gunungbismo, baru-baru ini.

Namun, untuk jalur pendakian Gunung Bismo via Silandak telah melakukan penutupan jalur pendakian lebih cepat yakni pada 6 Januari 2020 dan akan kembali dibuka pada 17 Maret 2020. Mereka beralasan penutupan jalur pendakian lebih cepat dikarenakan mengantisipasi kondisi cuaca buruk, reboisasi, dan perbaikan jalur. 

Sebagai informasi, Gunung Bismo yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki dua jalur pendakian resmi, yaitu via Silandak dan Deroduwur. Adapun melalui jalur Silandak merupakan jalur favorit para pendaki yang akan mendaki gunung dengan ketinggian ‎2.365 meter di atas permukaan laut (mdpl). (MC/RIL)

Foto: dok. Instagram/@samudra_art

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.