Ini Tarif Jasa Porter di Gunung Prau

Ilustrasi Porter di gunung (Mounture.com/Dion)

Mounture.com — Tingginya animo masyarakat terhadap wisata gunung, rupanya membawa keberkahan tersendiri untuk masyarakat sekitar. Seperti halnya yang terjadi di wilayah Patak Banteng yang merupakan salah satu lokasi basecamp Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah, di mana ratusan orang selalu memadati kawasan itu setiap harinya.

Berbagai macam usaha baik jasa atau barang pun banyak dilakoni oleh masyarakat sekitar, salah satunya adalah jasa porter. Meski Gunung Prau hanya membutuhkan waktu tempuh yang tidak lama, namun jasa porter gunung masih cukup diminati oleh para pendaki.

Dilansir dari laman gunungpraupatakbanteng.com, tarif jasa porter Gunung Prau memiliki beberapa kriteria, diantaranya jasa porter naik, turun, pulang-pergi, dan pulang-pergi serta menginap. Berikut ini tarif jasa porter Gunung Prau via Patak Banteng.

Untuk tarif jasa porter naik ke Gunung Prau dibanderol mulai dari Rp150 ribu dengan fasilitas yang ditawarkan berupa dibawakan peralatan, dan logistik naik ke Gunung Prau, termasuk membantu mencarikan lokasi camp, dan mendirikan tenda.

Kemudian untuk tarif jasa porter turun Gunung Prau dikenakan biaya Rp150 ribu dengan fasilitas dibawakan peralatan dan logistik turun dari Gunung Prau, termasuk dibantu packing tenda dan logistik.

Sementara untuk tarif porter pulang-pergi Rp300 ribu dengan fasilitas dibawakan peralatan dan logistik pulang pergi (PP) Gunung Prau, termasuk dibantu mencarikan tempat camp, mendirikan tenda, dan dibantu packing tenda dan logistik sewaktu mau turun dari Gunung Prau.

Sedangkan untuk tarif jasa porter pulang-pergi ditambah menginap dibanderol mulai Rp350 ribu dengan fasilitas dibawakan peralatan dan logistik pulang pergi Gunung Prau ditambah menginap, termasuk dibantu mencarikan tempat camp, mendirikan tenda dan dibantu packing tenda dan logistik sewaktu mau turun dari Gunung Prau serta porter akan ikut ngecamp dan menunggu tamunya.

Sebagai catatan, tarif porter tersebut berlaku per November 2019 dan hingga saat ini belum ada informasi terbaru terkaitĀ  tarif porter Gunung Prau. (MC/RIL)