Ini Gunung yang Sudah Buka Jalur Pendakian di Era New Normal

dok. Instagram/@auliafusi

Mounture.com — Selama hampir 3 bulan, jalur pendakian gunung-gunung di Indonesia ditutup sementara karena adanya pandemi virus korona (Covid-19). Namun, seiring kebijakan pemerintah yang mulai memberlakukan penerapan kenormalan baru, maka objek wisata alam pun boleh membuka kembali untuk kunjungan wisatawan, itupun dengan beberapa ketentuan.

Mesti belum semua membuka jalur pendakian, namun ada beberapa gunung yang sudah membuka kembali jalur pendakiannya namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi para calon pendaki yang akan melakukan pendakian.

Adapun beberapa aturan yang harus diterapkan saat akan melakukan pendakian di masa kenormalan baru ini diantaranya, wajib menggunakan masker, membawa hand sanitizier, dalam kondisi sehat (beberapa pengelola gunung menerapkan cek suhu tubuh saat akan melakukan pendakian dengan ketentuan suhu tubuh maksimal 37 derajat Celcius).

Selain itu, para pendaki dihimbau untuk membawa peralatan makan masing-masing, beberapa pengelola juga meminta pendaki untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter, kemudian calon pendaki diminta mengikuti protokol kesehatan selama masa kenormalan baru ini, serta beberapa aturan lainnya yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Nah, berikut ini beberapa gunung yang telah kembali membuka jalur pendakiannya, antara lain Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Lawu (diberlakukan ujicoba pembukaan di jalur Candi Ceto), Gunung Marapi, Gunung Sago, Gunung Tandikek, Gunung Talamau, dan Gunung Talang.

Sudah siap untuk mendaki di era kenormalan baru dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh para pengelola gunung? (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.