0

Ini Alasan TN Gunung Merbabu Tutup Sementara Jalur Pendakian

(Mounture.com) — Jalur pendakian Gunung Merbabu bakal ditutup sementara mulai tanggal 20 Mei – 20 Juni 2019. Adapun penutupan ini dilakukan di semua jalur pendakian Gunung Merbabu yaitu Selo, Wekas, Cuntel, Thekelan dan Suwanting.

Dalam postingannya di akun instagram resmi TNGMb (@tngunungmerbabu_official), menjelaskan bahwa penutupan jalur pendakian ini sedianya dilakukan pada 10 Mei-10 Juni 2019, namun pihak TNGMb memundurkan waktu penutupannya menjadi 20 Mei-20 Juni 2019 dikarenakan alasan administrasi dan koordinasi yang dilakukan serta untuk menghargai umat Islam yang beribadah dan merayakan Idulfitri.

“Karena alasan administrasi dan perlunya koordinasi lebih lanjut maka penutupan di undur tanggal 20 Mei. Selain menghargai umat Islam beribadah dan merayakan Idulfitri serta keamanan pendaki penutupan saat suasana Ramadan dan Syawal,” tulis akun tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa perpanjangan penutupan jalur pendakian tersebut dikarenakan pihak TNGMb bakal melakukan pemeliharaan dan memperbaiki kondisi jalur pendakian secara serentak di setiap jalur. “Dua sampai empat hari perbaikan, satu sampai dua minggu pemadatan tanahnya (seharusnya lebih lama lagi),” ungkap TNGMb.

Selain memberikan penjelasan terkait alasan penutupan, akun @tngunungmerbabu_official pun menyertakan foto-foto keadaan jalur pendakian Gunung Merbabu.

“Di jalur selo di pal HM 9-10, HM 22-26 sebelum simpang macan, antara pos 3 dan sabana 1 dan yang mengarah ke puncak, jalur Thekelan di pos 2 ke pos 3 tidak bisa lagi dilalui karena longsor, di jalur Wekas dari makam hingga pos 2 kondisinya sangat licin dan rusak, di jalur Suwanting di mendekati pos klamdingan juga longsor,” terangnya.

“Marilah kita sama-sama memelihara alam di Merbabu. Kita sudah menerima banyak rejeki dari Merbabu namun apa yang bisa kita berikan ke Merbabu dan kami yang diberi amanah konservasi di Taman Nasional Gunung Merbabu tidak hanya memikirkan Merbabu saja namun kesejahteraan masyarakat sekitar yang lebih dari 100 dusun 36 desa penyangga,” tulis akun @tngunungmerbabu_official. (MC/DC)

https://www.instagram.com/p/BxchwLfjkdJ/