0

Gunung Ciremai Siap Berlakukan Booking Online

  • 27 Oktober 2018 18:03

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bakal memberlakukan pendaftaran booking online untuk para calon pendaki ke gunung yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini.

Adapun rencana pemberlakuan sistem booking online ini akan diujicoba pada akhir tahun 2018 ini dan disebut bakal berlaku efektif pada tahun 2019 mendatang. Nantinya, calon pendaki mesti melakukan pendaftaran melalui aplikasi online yang bisa di akses melalui ponsel.

Adapun caranya terbilang mudah, calon pendaki harus mengisi formulir online tersebut dan mengunggah foto dokumen persyaratan yang diminta seperti kartu identitas dan keterangan kesehatan dari dokter.

Pastikan juga untuk memilih plot lokasi untuk kemping. Lalu bayarlah tarif pendakian dengan transfer bank atau pada konter ‘minimarket’. Saat di pos tiket, calon pendaki hanya tinggal menunjukan ‘booking code’ atau ‘barcode’ kepada petugas.

Selain itu, pihak TNGC juga bakal memberikan opsi paket pendakian yang disesuaikan dengan budget dari calon pendaki melalui sistem booking online tersebut. Melalui aplikasi ini, pihak TNGC mengklaim monitoring aktifitas wisata pendakian akan lebih mudah dilakukan. Petugas pun dapat memastikan data pendakian yang on time every time.

Tak hanya itu, Mitra Pendakian Gunung Ciremai (MPGC) Apuy pun mulai merintis dan membenahi serta mensosialisasikan peningkatan layanan pendakian sejak awal Oktober ini. Pos V atau biasa disebut Sanghyang Rangkah disediakan sebagai lokasi ‘Rest Area’ bagi pendaki Apuy sebelum menggapai puncak.

MPGC Apuy juga telah menata pos ini dengan menyiapkan 74 plot tenda kapasitas empat orang. Disini tersedia sarana penunjang seperti Mushola dan Toilet. Personil MPGC pun ‘standby’ 24 jam di Sanghyang Rangkah ini. Penataan Pos V disebut merupakan bagian dari sistem booking online pendakian gunung Ciremai yang saat ini sedang di godok Balai TNGC. (MC/DC)