0

Gelar Pembersihan, TN Gunung Rinjani Kumpulkan Sampah 51 Kilogram

  • 12 Agustus 2022 07:09

Tim Clean Up Rinjani saat melakukan penimbangan sampah (Foto: dok. TN Gunung Rinjani)

Mounture.comBalai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) menggelar kegiatan bertajuk ‘Clean Up’ yang dilakukan oleh Resort Sembalun SPTN Wilayah II TNGR. Kegiatan rutin patroli yang digelar pada 6 – 8 Agustus 2022 itu dilakukan di sepanjang jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun menuju ke Danau Segara Anak.

Dalam kegiatan itu TNGR berhasil mengumpulkan sampah dengan total berat sebanyak 51 kilogram. Sampah-sampah itu terdiri dari botol plastik, kaleng, plastik, campuran, dan botol kaca.

BACA JUGA: 53 Pendaki Kena Blacklist di Gunung Rinjani, Ini Sebabnya

Dalam keterangannya, melalui akun instagram resmi TNGR (@btn_gn_rinjani), disebutkan bahwa target area pembersihan sampah yakni di Pos I, II, III, dan IV dan camping area Plawangan serta jalur menuju ke Danau Segara Anak.

“Dari hasil kegiatan tersebut terkumpul total berat sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 51 kg yang terdiri dari botol plastik, kaleng, plastik, campuran, dan botol kaca,” tulis TNGR via Instagram.

Foto: dok. TN Gunung Rinjani

Pihak TNGR pun meminta kepada para pendaki Gunung Rinjani agar lebih meningkatkan kesadaran diri untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan maupun Gunung Rinjani dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam kawasan maupun di luar kawasan TNGR.

“Jadilah pendaki cerdas yang membawa turun kembali sampahnya, karena Gunung bukan tempat sampah!,” tegas TNGR. (MC/RIL)