Estimasi Waktu Mendaki Gunung Wilis via Kare

Gunung Wilis nampak dari kejauhan (dok. instagram/@sigit_tmy)

Mounture.com — Gunung Wilis yang berada di Jawa Timur merupakan salah satu gunungapi yang sudah non-aktif. Gunung ini memiliki ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan lima jalur pendakian, yakni via Mojo (Kediri), Bajulan/Roro Kuning (Nganjuk), Sedudo (Nganjuk), Candi Penampihan (Tulungagung) dan Kare (Madiun).

Nah, kali ini Mounture.com akan membahas estimasi mendaki Gunung Wilis via Kare yang berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Jika ingin mendaki via Kare, maka pendaki bisa menggunakan moda transportasi darat dari kota Madiun menuju ke Kecamatan Kare, kemudian menggunakan jasa ojek ke Desa Kare.

Setelah itu, pendaki bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pos Kempo yang berada di perkebunan kopi Kandangan, lalu menuju pos pendakian, Pulosari. Di pos pendakian Pulosari ini jika kalian membawa kendaraan pribadi, bisa menitipkannya ke penduduk setempat.

Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Wilis via Kare.

Pulosari – Bukit Teletubies

Jalur yang akan dilalui untuk menuju ke Bukit Teletubies (1.590 mdpl) adalah kebun kopi dengan kontur tanah dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Bukit Teletubies – Watu Tulis

Menuju ke Pos Watu Tulis (2.040 mdpl), pendaki bakal masuk ke dalam hutan, lalu melintasi padang ilalang yang cukup tinggi dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Watu Tulis – Watu Garuda

Dari Pos Watu Tulis menuju ke Watu Garuda, pendaki akan kembali masuk ke vegetasi hutan yang lebat dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Watu Garuda – Patok Batas

Dari Watu Garuda ke Puncak 1 bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Adapun Patok Batas ini bisa dijadikan sebagai lokasi camp dengan ketinggian sekitar 2.330 mdpl dengan vegetasi rumput. Patok Batas ini ditandai dengan patok batas wilayah Nganjuk – Madiun.

Patok Batas – Puncak Ngliman

Dari Patok Batas ke Puncak Ngliman bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan dengan kontur jalan berupa rerumputan. Namun kalian harus berhati-hati, sebab kalian berada di jalur punggungan, yang mana kanan-kiri adalah jurang. Puncak Ngliman ditandai dengan plang bertuliskan Puncak Ngliman. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.