32 Ribu Orang Mendaki Gunung Rinjani di 2021

Gunung Rinjani (dok. TNGR)

Mounture.com — Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu gunung favorit para pendaki, tidak hanya pendaki dalam negeri tetapi juga pendaki dari mancanegara.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mempunyai panorama alam yang cukup eksotis, di mana terdapat banyak keindahan alam yang terdapat di dalam kawasannya. Mulai dari danau, air terjun, hingga jalur pendakian yang terkenal cukup memukau.

Maka tak heran banyak pendaki yang melakukan pendakian ke gunung tersebut. Melansir laman rinjaninationalpark.id, selama periode tahun 2021 (April – Desember), Gunung Rinjani telah dikunjungi sebanyak 32.819 orang. Jumlah kunjungan tertinggi selama periode tersebut terjadi pada Agustus 2021 yang mencapai 5.567 orang.

Sementara pada Desember 2021, jumlah pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani mencapai 3.465 orang. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 1.508 orang.

Sebagai informasi, kegiatan pendakian Gunung Rinjani pada periode Januari – Maret 2021 dilakukan penutupan. Sementara pada 2022 ini, hingga Maret ini TNGR pun masih melakukan penutupan kegiatan pendakian. (MC/PC)