Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Thekelan Ditutup Sementara

Foto: TN Gunung Merbabu

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) mengumumkan akan melakukan penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan yang berlaku mulai 1 – 31 Oktober 2024.

Penutupan jalur pendakian itu berdasarkan surat pengumuman bernomor PG.51/T.35/TU/HMS.2.8/B/09/2024 tertanggal 27 September 2024 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Anggit Haryoso.

Dalam surat pengumuman itu disampaikan bahwa penutupan jalur pendakian itu dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem dan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung wisata pendakian Gunung Merbabu di wilayah Administrasi Kabupaten Semarang.

BACA JUGA:

Rekomendasi Wisata Alam Memukau di Jawa Tengah

Kawah Sikidang, Wisata Alam Memukau di Wonosobo

“Jalur pendakian Thekelan ditutup sementara pada tanggal 1 sampai dengan 31 Oktober 2024,” tulis surat pengumuman TNGMb.

Adapun untuk jalur pendakian Gunung Merbabu lainnya, seperti Selo, Wekas, dan Suwanting masih dibuka untuk kegiatan pendakian. “Silakan kunjungi booking.tngunungmerbabu.org,” demikian pernyataan TNGMb.

Pembukaan Kuota Pendakian Gunung Merbabu untuk Periode Oktober 2024

Sementara untuk kuota pendakian, TN Gunung Merbabu telah membuka secara resmi untuk periode pendakian bulan Oktober 2024. Calon pendaki pun sudah bisa melakukan booking online untuk periode pendakian di Oktober 2024.

“Kuota pendakian bulan Oktober dibuka. Pastikan sobat sudah mempunyai akun booking online, untuk booking tanggal pendakianmu,” tulis TNGMb via instagram resminya (@btn_gn_merbabu).

(mc/ril)