TNBTS Buka Kawasan Wisata Ranu Regulo, Pengunjung Dibatasi

Foto: Google Image/Siti Nur Lailatul Qorik

Mounture.com — Usai ditutup sejak 5 Februari 2024, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) kembali membuka kawasan wisata Ranu Regulo pada 10 September 2024.

Pembukaan kembali kawasan wisata yang berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang itu berdasarkan Surat Pengumuman Nomor: PG.07/T.8/BIDTEK/KSA.5.1/B/09/2024 yang ditandatangani oleh Kepala BB TNBTS pada Kamis 5 September 2024.

Pada pembukaan kawasan wisata itu, TNBTS memberlakukan sistem kuota camping atau berkemah di tepi danau, di mana maksimal hanya 300 orang per hari.

BACA JUGA:

Beberapa Festival Seru di Indonesia pada September 2024

Rekomendasi Makanan saat Mendaki Gunung

TNBTS beralasan, pembatasan kuota harian itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung serta menjaga kelestarian kawasan konservasi di sekitar Ranu Regulo.

“Bagi sahabat yang akan berkunjung kali ini akan ada pembatasan kuota harian. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan dan juga kelestarian kawasan konservasi disekitar Ranu Regulo itu sendiri ya,” tulis akun instagram resmi TNBTS.

Untuk mengunjungi Ranu Regulo, wisatawan lokal cukup membayar tiket masuk kawasan TNBTS sebesar Rp19.000 di hari kerja dan Rp24.000 di hari libur, sedangkan wisatawan asing dikenakan tarif masuk Rp210.000 dan Rp310.000 di hari libur.

(mc/ril)